about

Popular Posts

Search This Blog

Informatika di Tahun Ajaran 2019

Share it:

Dalam Tahun Ajaran 2019 nanti, akan ditambahkan mata pelajaran baru, yaitu INFORMATIKA. Mata pelajaran ini mengajarkan transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Secara umum, informatika mempelajari struktur, sifat dan interaksi data dan mengolahnya menjadi bentuk informasi. Mata pelajaran ini mirip dengan pelajaran TIK yang sudah dihapuskan pada kurikulum 2013 yang lalu. penghapusan mata pelajaran ini dikarenakan banyaknya orang yang menganggap bahwa anak-anak sudah bisa menggunakan komputer dan internet. 

Tentunya alasan ini masih dapat dibantah, karena jika kita mengingat lagi, anak-anak tentunya sudah paham dan mahir menggunakan Bahasa Indonesia, tapi mengapa tetap ada pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini tentunya dilakukan supaya para siswa dan anak-anak bukan hanya dapat menggunakan, namun dapat menggunakannya dengan bijak dan benar, agar memberi manfaat untuk mereka sendiri. Selain itu pada pelajaran informatika ini, tidak hanya mengajarkan cara menggunakan teknologi atau computer saja, tapi juga mengajarkan para siswa untuk berpikir kritis dan dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang out of the box atau dari sudut pandang yang lain.

Pada Tahun Ajaran 2019 nantinya mata pelajaran informatika ini akan dilaksanakan untuk jenjang SMP dan SMA, dimana pada jenjang SMP mata pelajaran ini akan diadakan selama 2 jam pelajaran dalam sepekan, dan untuk jenjang SMA mata pelajaran in akan masuk kedalam mata pelajaran pilihan, yang akan diadakan bisa mencapai 3 jam pelajaran dalam sepekan.

Mata pelajaran informatika ini memiliki beberapa keunggulan salah satunya yaitu, Mempermudah dan mempercepat siswa dalam mengerjakan tugas. tidak bisa dipungkiri internet yang merupakan salah satu materi dalam mapel informatika ini sudah menjadi fasilitas dam inovasi yang sangat bermanfaat bagi siswa. Oleh karena itu dengan memahami penggunaan internet, tentunya siswa akan dapat menggunakannya dengan baik dan benar dalam mengerjakan tugas, maupun saat mencari hiburan di internet. 

Memang bukan hal yang mudah untuk melaksanakan pelajaran informatika ini, karena harus disediakannya fasilitas seperti lab komputer di sekolah-sekolah. Tapi dalam hal ini tentunya masih bisa diatasi dengan membawa laptop sendiri bagi para siswa, untuk menjalankan pelajaran ini. Bagi siswa yang tidak memiliki laptop bisa meminjam pada teman yang memiliki, tentunya hal ini juga bisa mempererat pertemanan dari para siswa. yang tentunya merupakan nilai lebih untuk mata pelajaran ini.

Share it:

INFORMATIKA 2019

Post A Comment:

0 comments: