about

Popular Posts

Search This Blog

K13

TIK K13 Dihilangkan, Kenapa?

Share it:
Mata pelajaran TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah mata pelajaran yang mengajarkan tentang segala penggunaan dan pengoprasian teknologi dan pengolahan informasi dan komunikasi yang baik dan benar. Secara umum TIK sendiri berarti payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasiTeknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Mata pelajaran ini tentunya sangat berguna bagi para siswa, namun mata pelajaran TIK ini dihapuskan karena beberapa alasan berikut:
  1. “Anak TK dan SD saja sudah bisa internetan…”
  2. TIK / KKPI bisa integratif (terintegrasi) dengan mata pelajaran lain
  3. Pembelajaran sudah seharusnya berbasis TIK (alat bantu guru dalam mengajar), bukan TIK/KKPI sebagai Mata Pelajaran khusus yang harus diajarkan
  4. Jika TIK/KKPI masuk struktur kurikulum nasional maka pemerintah berkewajiban menyediakan Laboratorium Komputer untuk seluruh sekolah di Indonesia, dan pemerintah tidak sanggup untuk mengadakannya
  5. Banyak sekolah yang belum teraliri LISTRIK, jadi TIK/KKPI tidak akan bisa diajarkan juga disekolah
Alasan-alasan tersebut sebenarnya masih dapat di bantah seperti, jika anak TK dan SD saja sudah bisa internetan, lalu menganggap pelajaran ini tidak diperluka, sama saja dengan anak-anak tersebut yang sudah bisa berbahasa indonesia, namun tetap ada nya pelajaran bahasa indonesia. Begitu juga dengan pelajaran olah raga, mereka hanya perlu bermain bola dan mereka sudah berolahraga.



Tapi sesungguhnya pelajaran ini hadir bukan hanya untuk mengajarkan cara bermain internet dan sebagainya, namun mengajarkan, bagaimana cara kita menggunakan internet tersebut dengan bijak dan untuk tujuan yang bermanfaat.
Share it:

K13

Post A Comment:

0 comments: